Melirik Ubuntu Server vs CentOS, Mana Pilihan Anda?

Melirik Ubuntu Server vs CentOS, Mana Pilihan Anda?

Pilihan antara Ubuntu Server vs Centos didasarkan pada berbagai alasan. Sebelumnya perlu diketahui bahwa kedua operating system tersebut merupakan distribusi dari Linux. Artikel ini hanya memiliki maksud untuk melihat secara general karena banyaknya pengguna yang sudah menggunakannya.

CentOS merupakan distribusi Linux yang sifatnya terbuka atau open source. Begitu banyak perusahaan berbasis IT menggunakan software ini. OS besutan Linux tersebut rilis pada tahun 2004 dengan iming-iming kemudahan serta kebebasan menggunakan platform komputasi.

Tahun yang sama yakni 2004 juga Ubuntu Server dirilis, namun penggunaannya lebih Kebanyakan orang pribadi serta para ahli. Fitur dari OS ini cukup lengkap sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendukung proyek apa saja. Ada sekitar 40.000 aplikasi ditawarkan.

Perbedaan Kedua Produk Linux

Karena kita akan membahas perbedaan antara Ubuntu Server vs Centos maka mari perhatikan beberapa poin di bawah ini dengan kode Ubuntu A dan CentOS B:

  1. Basis keduanya jelas berbeda untuk OS a berbasis pada arsitektur Debian. Sementara B basisnya terletak pada red hat enterprise Linux.
  2. Paket debt lebih mudah di unduh pada software a dengan paket manager apt-get. Lain hal dengan software B harus menggunakan perintah yum demi dapat mengunduh serta menginstal paket RPM.
  3. Jika ingin mendapatkan update secara otomatis maka sebaiknya memilih OS a. Namun jika anda lebih menyukai sistem stabil maka gunakan OS b.

Perbedaan antara Ubuntu Server vs CentoS dapat dijadikan acuan sebelum Anda memilih software bagi berbagai perangkat. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dalam sisi berbeda, semua tergantung kebutuhan anda seperti apa apa dan hal ingin ditonjolkan pada sisi mana.

Keduanya Unggul di Bidang Berbeda

Biarpun demikian tentu harus ada konklusi mengenai Ubuntu Server vs CentoS. Dalam hal ini Jika anda adalah pengguna pemula yang mengoperasikan perangkat untuk kepentingan pribadi maka sebaiknya menggunakan Ubuntu. Sistem operasi ini lebih sederhana.

Sumber dari internet lebih banyak memuat panduan serta bantuan berupa tutorial mengenai penggunaan server Ubuntu. Hal ini mungkin atau nyaris bahkan tidak akan pernah anda temukan an-naba dan Centos. Sehingga di kalangan pemula pemahamannya agak rumit.

Sementara jika kepentingannya untuk menjalankan bisnis maka lebih baik menggunakan Centos. Software ini jauh lebih stabil serta aman dan terhindar dari update otomatis setiap saat. Namun demikian Jika anda ingin melakukan update dapat dilakukan secara manual.

Meskipun berasal dari 1 akar yang sama, namun setiap produk memang hadir dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Biarpun demikian jika keunggulan serta kekurangan itu berada pada dua bidang yang berbeda ada maka tidak bisa benar-benar dibandingkan.

Perbedaan jelas antara Ubuntu Server vs CentoS hanya dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih software untuk berbagai kepentingan.

Ubuntu