Cara Mendapatkan Ranking Pertama di Google dengan Mudah

Cara Mendapatkan Ranking Pertama di Google dengan Mudah

Salah satu tujuan dari adanya optimasi SEO adalah ingin mendapatkan ranking pertama di google atau mesin pencari. Posisi ranking ini nantinya akan menentukan seberapa besar traffic yang akan diperoleh atau potensi dikunjunginya.

Penelitian all about eee pc menyebutkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara website di halaman pertama dengan halaman selanjutnya. Website di halaman pertama cenderung memperoleh traffic diatas 90% sedangkan di halaman selanjutnya hanya 5%.

Kondisi ini menunjukkan bahwa ketika bisnis online Anda ingin cepat sukses, maka langkah awalnya adalah bersaing hingga masuk halaman pertama di mesin pencari. Dengan demikian potensi dikunjungi pembaca lebih besar.

Cara Mendapatkan Ranking Pertama di Google dengan Mudah

Untuk mampu memperoleh posisi di halaman pertama mesin pencarian, tentunya harus memahami bagaimana mesin pencari bekerja. Sehingga nantinya mampu mengelola konten sesuai dengan algoritma mesin pencarinya.

Strategi Agar Mendapatkan Ranking Pertama di Google

Di antara banyaknya mesin pencarian, Google masih dianggap sebagai alat relevan dalam menggali berbagai informasi. Terlebih pembaruan algoritmanya semakin menguatkan relevansi topik dari kata kunci dengan pembahasannya.

Hal ini merupakan kondisi baik sekaligus kondisi buruk. Baiknya adalah sebagai seorang pencari, akan semakin mudah memperoleh informasi relevan. Buruknya adalah sebagai pembuat konten harus senantiasa memantau perkembangan algoritma.

Algoritma adalah satu dari sekian banyak strategi dalam meningkatkan peringkat pada halaman pertama mesin pencari. Terdapat beberapa faktor lainnya, seperti kecepatan akses, mobile friendly dan terpenting adalah kontennya sendiri.

1. Memeriksa Page Rank Bisnis Anda

Sebelum menyusun berbagai strategi, alangkah baiknya memeriksa kondisi rank page Anda terlebih dahulu. Hal ini membantu melihat posisi serta efektivitas dari langkah yang sebelumnya pernah dilakukan.

Apabila peringkatnya sudah cukup baik, maka strategi sebelumnya bisa digunakan kembali, dengan mengoptimalkan di sisi tertentu. Sedangkan apabila peringkatnya tidak baik, cari strategi baru dalam membuat kontennya.

Untuk mampu memeriksa kondisi page rank, dibutuhkan tools khusus. Saat ini banyak sekali tools – tools yang tersedia secara gratis, baik oleh Googlenya sendiri, maupun dari pihak ketiga.

Periksalah beberapa hal, seperti efektivitas penggunaan keywordnya, kecepatan loading page, engagementnya, serta jika memungkinkan kondisi posisi rankingnya. Gunakan data – data tadi sebagai bahan evaluasi dan menyusun strategi.

2. Mengoptimalkan Cara Organik

Cara organik adalah memanfaatkan fitur – fitur yang tersedia secara gratis dalam menggait pengunjung. Berkebalikan dengan Ads, yaitu memanfaatkan jaringan iklan untuk tampil di halaman pertama dan menarik pengunjung.

Meskipun menggunakan ads bisa menjadi salah satu langkah besar dalam memosisikannya di halaman pertama pencarian, namun cara instan ini memiliki kelemahan. Salah satunya adalah memiliki waktu terbatas.

Untuk mendapatkan ranking pertama di google tidak cukup sekedar berada di posisi teratas saja. Menggunakan Ads, bisa menguntungkan di satu sisi, tetapi penting juga untuk mengoptimalkan pengunjung secara organik.

Sehingga ketika bisa memasuki halaman pertama, dengan cara mudah agar website muncul di halaman pertama google maka, posisi tersebut cenderung bertahan lama serta sering direkomendasikan oleh mesin pencari. Proses ini memang membutuhkan waktu lama, seperti menyusun konten berkala dan relevan dengan niche.

3. Pastikan Mobile Friendly

Perkembangan teknologi dan gadget membuat setiap orang tidak lepas dari smartphonenya. Baik digunakan untuk berkomunikasi maupun mencari informasi melalui berbagai media sosial dan mesin pencarian.

Selain itu, kondisi praktis smartphone yang bisa digunakan di mana – mana, menjadikannya sebagai perangkat paling sering digunakan dalam berselancar. Tentunya ketika melihat tampilan web berantakan dari smartphonenya, akan cepat ditinggalkan.

Sebagai pemilik website, apabila ingin mendapatkan ranking pertama di google harus memperhatikan kondisi tampilan webnya melalui mobile. Pastikan terlihat rapi, tidak tertutup dengan ads, serta memberikan pengalaman berkunjung yang nyaman.

Untuk memeriksa kondisinya, bisa menggunakan tools Google berupa mobile-friendly test secara gratis. Apabila belum dinyatakan mobile-friendly, gunakan tools pembantu, seperti Mobify, Wptouch, dan tools lainnya.

4. Tingkatkan Kecepatan Loading Page

Google telah mengonfirmasi bahwa salah satu pertimbangan algoritma adalah kecepatan akses halamannya. Apabila kecepatan aksesnya sangat lambat, cenderung akan cepat ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Hal ini juga sesuai dengan behavior dari pengunjung itu sendiri, mereka memiliki waktu terbatas serta banyak pilihan konten. Sehingga apabila salah satu webnya lambat, cenderung langsung ditinggalkan dan berganti pada web lainnya.

Tentunya agar mampu mendapatkan ranking pertama di google Anda sudah harus memperhatikan kondisi loading pagenya. Tes terlebih dahulu dengan tools gratis yang disediakan oleh Google atau pihak ketiga.

Apabila hasil kecepatan aksesnya kurang memuaskan, cobalah mencari webhosting lainnya. Pastikan memiliki fitur kecepatan akses lebih baik dari sebelumnya, sehingga Anda memperoleh kesempatan berada di halaman pertama.

5. Riset Keyword

Riset keyword sangat penting dilakukan, karena tanpa adanya riset yang baik, Anda akan kesulitan menyusun konten. Terlebih untuk tetap menjaga relevansi dengan audiens atau konsumen Anda.

Gunakan tools gratis seperti keyword planner, untuk mencari, mengelompokkan, serta melihat keyword potensial bagi kontennya. Gunakan keyword tersebut dalam konten yang baru dibuat secara natural agar pembacanya juga nyaman.

Semakin baik serta persaingan keywordnya kecil, semakin besar peluang mendapatkan ranking pertama di google. Hindari penggunaan kata kunci secara berlebihan, karena akan dianggap spam dan mendapatkan penalti.

Perhatikan juga search intent dari keywordnya, seperti mencari untuk transaksi (jual beli), menggali informasi, atau navigasi. Memahami search intent nantinya akan membantu pembuatan konten yang dianggap menarik oleh pengunjung.

Website adalah salah satu langkah cepat dalam mempromosikan brand dan usaha Anda. Namun perlu langkah – langkah dalam mengoptimalkannya, karena persaingannya cukup ketat.

Beberapa cara dalam mengoptimalkannya adalah meningkatkan kecepatan akses, memastikan mobile-friendly, dan konten dengan keyword terbaik. Tujuannya adalah mendapatkan ranking pertama di google dan memperoleh banyak pengunjung.

Mungkin anda juga mencari jasa penulis artikel judi online terpercaya, silahkan baca artikel kami sebelumnya.

Others