Cara Mencari Keyword Artikel agar Tembus Halaman Pertama Google

Cara Mencari Keyword Artikel agar Tembus Halaman Pertama Google

Cara mencari keyword yang tepat akan membuat tulisan Anda bisa berada di laman pertama Google. Hal ini akan memberi banyak keuntungan terutama secara finansial bagi Anda. Bila website ramai didatangi pengunjung maka akan mengalirkan sumber uang dari iklan yang dipasang.

Berdasarkan jumlah katanya keyword terdiri dari dua. Pertama short tail keyword yaitu kata kunci pendek seperti mobil murah dan tips kecantikan. Kedua long tail keyword yaitu kata kunci panjang seperti “mobil murah Bandung dan tips kecantikan tradisional”. Tips mencari keyword sebagai berikut :

Cara Mencari Keyword Artikel agar Tembus Halaman Pertama Google

1. Mempelajari Niche Website dan Keyword Relevan

Sebelum meriset keyword sebaiknya Anda mempelajari lebih dalam tentang niche atau topik dari konten yang akan dibuat. Hal ini bermanfaat agar Anda mendapat ide-ide yang gemilang untuk mengatur strategi SEO. Caranya dengan memposisikan diri sebagai pengunjung dan ikut komunitas yang sama.

Kemudian buatlah keyword yang relevan. Misal Anda menulis tentang blezer pria maka buatlah daftar yang sesuai dengan topik tersebut. Misalnya blezer pria, blezer pria murah, blezer pria formal, jual blezer pria yang murah, dan lain-lain.

2. Membuat Daftar Seed Keyword dan Menggunakan Keyword Tools yang Berkualitas

Cara mencari keyword selanjutnya yaitu menemukan keyword yang relevan, lalu carilah daftar seed keyword. Seed keyword adalah kata kunci fokus atau benih kata kunci. Seed keyword berperan penting sebagai dasar riset kata kunci atau istilah-istilah yang dipakai oleh audience. Selain itu, Anda akan mengetahui kompetitor dengan topik yang sama.

Selanjutnya, gunakan keyword tool untuk mendukung riset kata kunci. Beberapa keyword tools adalah Google Keyword Planner, Ahrefs, Ubersuggest, dan sebagainya. Dengan menggunakan keyword tools maka Anda akan mengetahui volume kesulitan untuk muncul di halaman pertama Google.

3. Riset Kompetitor

Setelah melewati semua tahap di atas maka harus meriset kompetitor agar konten Anda muncul di halaman pertama Google. Dengan begitu, Anda mengetahui celah agar dapat mengatur strategi SEO yang handal dan berhasil melewati keyword difficulty.

Baca juga rekomendasi jasa penulis artikel terpercaya

Cara Mencari Keyword dan Fungsinya untuk Website

Sekarang Anda sudah tahu cara mencari keyword yang benar agar konten Anda disukai pembaca dan mesin pencari. Oleh karena itu, kehadiran keyword mempunyai banyak fungsi baik bagi penulis, search engine, dan blog. Berikut ini fungsi dari keyword :

1. Untuk Mesin Pencari

Dengan adanya keyword maka mesin pencari akan dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Anda selalu mendapat artikel yang tepat saat mencari informasi yang diperlukan, bukan? Itulah pentingnya keyword bagi Anda dan search engine.

2. Untuk Blogger

Jika tulisan Anda bisa berada di halaman depan mesin pencari maka hal tersebut sangat membanggakan, bukan? Nama Anda sebagai penulis akan terpampang di sana. Dan bila tulisan Anda sering berada di laman pertama tersebut maka nama Anda sebagai penulis akan semakin terkenal.

3. Untuk Blog

Kata kunci yang tepat dan disukai oleh mesin pencari juga sangat menguntungkan buat blog atau website tersebut. Bila blog atau web sering berada di halaman depan mesin pencarian, maka harga kedua media masa tersebut akan sangat mahal. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak uang.

Betapa penting kehadiran keyword dalam sebuah konten, bukan? Untuk itu Anda harus meriset keyword dan kompetitor dengan niche yang sama sebelum menulis konten. Itulah beberapa cara mencari keyword dan fungsinya yang penting untuk Anda ketahui.

Others