Alasan Maraknya Penggunaan Windows di Indonesia oleh Mayoritas

Alasan Maraknya Penggunaan Windows di Indonesia oleh Mayoritas

Sebagian besar masyarakat memanfaatkan penggunaan Windows di Indonesia. Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft ini sudah banyak mengupgrade pelayanannya hingga kini kita dapat mengoperasikan Windows 10. Logo operating system milik Bill Gates ini selalu sama.

Versi pertamanya dinamakan dengan Windows graphic environment one 1.0 yang diperkenalkan pada 1983, namun sejarah mencatatkan pada 1985. Hal ini beriringan dengan keluarnya software tersebut di pasaran. Berlanjut ke tahun 1987 hingga tahun tahun berikutnya.

Nyari semua kalangan di Indonesia menggunakan sistem operasi ini. Nyala komputer sangat khas ketika menandakan adanya simbol empat persegi tersusun. Meskipun saat ini sudah zamannya versi ke-10 namun masih ada beberapa yang menggunakan versi ke-7 pada komputernya.

Munculnya OS Andalan Microsoft di Indonesia

Untuk pertama kalinya penggunaan Windows di Indonesia dimulai ketika software tersebut memasuki tanah air pada tahun 2015. Pada saat itu Microsoft meluncurkan software serentak pada 190 negara dengan sistem free upgrade. OS versi 7 dan 8 bisa langsung upgrade software.

Secara tampilan Microsoft masih meletakkan perintah start di bagian kiri bawah. Namun, dari segi keamanan tentunya terdapat layanan serta inovasi yang diperbarui secara otomatis. Beberapa inovasi yang dihadirkan diantaranya ada Microsoft Edge dan office universal app.

Andreas Diantoro selaku President director Microsoft Indonesia mengatakan ingin membuat penggunaan Windows di Indonesia inklusif. Untuk menjawab tantangan pasar mereka melibatkan 5 juta pengguna dari 100 negara guna memberikan saran serta kritik untuk software tersebut.

Andreas menyatakan bahwa kemunculan Windows 10 ini ini dapat menjadi sarana bagi para pebisnis melakukan banyak hal. Bukan Hanya mereka yang sudah memiliki bisnis besar, namun para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkannya. Terlebih banyak asisten, seperti Cortana.

Microsoft Resmi Hentikan Dukungan Windows 7

Fenomena penggunaan Windows di Indonesia setidaknya dapat ditandai dengan versi ketujuh yang dipakai cukup lama. Namun kini secara resmi Microsoft menghentikan dukungannya karena lebih mengutamakan kedatangan Windows 10, termasuk di Indonesia.

Rilis dukungan oleh Microsoft tersebut sudah diumumkan sejak Oktober 2019. Sebelum muncul versi ke-10 terlebih dahulu muncul versi ke-8 yang tidak begitu menarik minat konsumen. Namun, nampaknya kini semua harus mulai beralih ke versi ke-10 jika tidak ingin komputernya lemot.

Microsoft menyatakan bahwa sebagai bukti tidak lagi memberikan dukungan terhadap versi ke-7 adalah dihentikannya update security. Dengan kata lain komputer anda rentan terkena virus serta permasalahan keamanan lainnya apabila tidak segera melakukan upgrade software.

Tahun 2017 menjadi tahun yang cukup mengerikan dengan adanya serangan ransomware wannacry bagi perangkat tanpa pembaruan security. Kejadian ini dapat terulang lagi tanpa kendali.
Sekarang waktunya upgrade OS. Banyaknya penggunaan Windows di Indonesia harus berkesinambungan dengan dukungan keamanan dari Microsoft.

Windows