5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menulis Artikel SEO Friendly

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menulis Artikel SEO Friendly

Artikel SEO friendly adalah artikel yang ditulis menggunakan pendekatan Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO. Artikel SEO friendly memiliki aturan tertentu agar mudah disukai oleh mesin pencari dan pembaca sehingga artikel bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian.

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis artikel SEO friendly bukan hal yang mudah dilakukan. Selain harus memiliki skill menulis yang mumpuni, penulis juga harus memperhatikan hal-hal yang membuat website jadi mudah dicari saat ditelusuri di mesin pencari google.

Tak jarang, penulis melakukan kesalahan fatal yang membuat artikelnya sulit ditemukan di google. Niat hati ingin membuat tulisan sebagus mungkin, yang didapat justru kesia-siaan karena websitenya tak banyak dikunjungi pembaca.

Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh penulis dalam membuat artikel SEO friendly.

1. Salah Format Judul

Judul memiliki peran penting dalam menulisa artikel SEO friendly. Judul harus bombastis dan kaya akan kata kunci agar menarik perhatian pembaca dan mesin pencari.

Ada rumus PPT (people, place, thing atau siapa, tempat dan kejadian) yang bisa Anda gunakan sebagai acuan atau format dalam menulis judul. Pastikan PPT tersebut merupakan keyword yang kuat agar judul Anda terindex di google.

Misalnya, Anda sedang mempromosikan lokasi wisata air di Tawangmangu, maka format judul yang idealnya adalah ‘Wisata Air Tirta Pandawa (people) di Tawangmangu (place), Nikmati Pesona Alam dan Kesejukan Mata Air Gunung Lawu (thing).

Baca juga artikel kami mengenai rekomendasi jasa penulis artikel terpercaya

2. Keyword yang Berlebihan

Penggunaan keyword yang berlebihan atau kerap disebut keyword stuffing bisa merusak artikel Anda. Bukannya mendapat banyak pembaca, artikel justru bisa hilang tenggelam karena google menganggapnya sebagai spam. Penggunaan keyword yang berlebihan juga membuat artikel tidak enak dibaca. Jadi yang sedang-sedang saja kalau mencantumkan keyword.

3. Banyak Typo

Jangan sepelekan masalah typo. Tak hanya membuat artikel tidak enak dibaca, typo juga membuat artikel sulit terdeteksi di google. Jangan terlalu terburu-buru saat menulis, jika sudah selesai cek lagi hasil tulisan Anda, pastikan tak ada kesalahan penulisan. Anda bisa mengecek typo secara otomatis di situs aplikasi online gratis seperti, typograp.com, typoonline.com, ejaan.id, google docs dan yang lainnya.

4. Tidak Memperhatikan Keyword Turunan dan Sinonim

Keyword turunan dan sinonim kerap dilupakan oleh penulis SEO friendly. Padahal dua hal tersebut sangat pentingdalam menulis artikel SEO friendly. Keyword turunan adalah kata yang memiliki hubungan erat dengan keyword utama. Misalnya, keyword ‘Jual HP Solo’, kata kunci turunannya adalah ‘Jual HP Solo Murah’, ‘Jual HP Solo OLX’,’Jual HP Xiaomi Solo’ dan seterusnya.

Sedangkan sinonim merupakan persamaan kata dari keyword utama. Misalnya, keyword ‘Jual HP Solo’ sinonimnya adalah adalah “Jual Handphone Solo”. Keyword turunan dan sinonim dapat membantu artikel Anda tetap muncul di pencarian teratas meski orang tidak mengetikkan keyword utama.

5. Sub Judul

Sub judul juga kerap dilupakan oleh jasa artikel judi SEO friendly. Padahal sub judul sama pentingnya dengan judul itu sendiri. Selain itu sub judul juga membantu pembaca memahami poin-poin dari artikel.

Sub judul sebuah artikel juga harus ditulis dengan mempertimbangkan keyword yang Anda pilih. Selain itu, keyword turunan dan sinonim juga bisa disisipkan di dalam sub judul untuk mengoptimalkan keyword dan menjadikan artikel tetap enak dibaca.

Lima hal di atas adalah hal-hal dasar yang kerap dilupakan oleh penulis saat menulis artikel SEO friendly. Meski terkesan sepele, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam menulis dan tidak lupa mengoreksi hasil tulisan sebelum mengunggahnya ke website.

Others