Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Cocok Untuk Penulis Pemula

Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Cocok Untuk Penulis Pemula

Artikel SEO Friendly adalah artikel yang ditulis dengan pendekatan Search Engine Optimization (SEO) agar artikel bisa berada di halaman teratas mesin pencari, banyak orang belum mengerti bagaimana cara menulis artikel SEO friendly. Pada umumnya pembaca lebih tertarik membaca artikel yang berada di urutan teratas pencarian.

Penentuan keyword sangat berperan penting disini. Sebelum menulis artikel Anda harus memahami tema yang akan dikerjakan. Setelah tema telah ditentukan maka Anda harus mencari keyword yang kemungkinan besar sering dicari oleh pembaca. Penentuan kata kunci bisa dengan cara melakukan riset keyword.

Menurut allabouteeepc.com saat ini banyak tools yang bisa digunakan untuk riset keyword, yang paling mudah untuk penulis pemula adalah menggunakan Google Sugest dan Google Related. Sebagian orang berfikir jika semakin banyak keyword yang di sisipkan maka kans artikel untuk tampil di halaman teratas akan semakin besar.

Penggunaan keyword harus sewajarnya, sebetulnya tidak ada patokan yang pasti seberapa sering pengulangan keyword harus muncul dalam menulis artikel SEO friendly. Namun tingkat kemunculan keyword tidak boleh terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Apabila dalam satu artikel keyword muncul terlalu sering maka akan dianggap spam oleh mesin pencari.

Pemilihan Judul Artikel yang “Wah” atau Boombastis

Selain pemilihan keyword, judul juga memberi banyak pengaruh terhadap minat baca. Anda harus mampu mengolah kata-kata yang biasa menjadi “wah’ dimata pembaca. Jangan pernah membuat judul seenaknya yang tidak ada kaitannya dengan keyword. Pemilihan judul juga harus pas, yaitu 7 sampai 9 kata.

Kalimat yang digunakan untuk judul bisa berupa kalimat himbauan, kalimat informatif, ataupun kalimat ajakan. Pemilihan kalimat judul bisa disesuaikan dengan isi artikel yang akan Anda tulis. Jika artikel berisi tentang bahaya suatu penyakit maka judul bisa dibuat dengan kalimat himbauan.

Berikut ini kami sertakan simulasi pembuatan judul yang gampang dimengerti oleh pemula. Misal sedang menulis artikel tentang diet maka buatlah judul dengan “Tips dan Trik Cara Mudah Diet Tanpa Menahan Lapar”. Dalam judul tersebut yang membuat menarik adalah penempatan kata “mudah’.

Perhatikan Panjang Artikel dan Optimasi Visual

Dalam menulis artikel SEO friendly panjang artikel harus diperhatikan. Tidak ada batasan minimal berapa kata yang harus di tulis, namun untuk menjelaskan secara detail dibutuhkan 500 hingga 700 kata. Penulisan artikel juga harus lugas dan jelas. Tidak boleh bertele-tele sehingga membuat bingung pembaca.

Paragraf yang panjang akan membuat orang malas membaca serta membuat mata mudah lelah. Paragraf yang panjang lebih baik dipisah menjadi paragraph-paragraf yang lebih pendek. Hal ini untuk membuat pembaca lebih nyaman. Idealnya dalam satu paragraph terdiri dari 3-4 kalimat.

Artikel akan lebih menarik jika diberi sentuhan visual di dalamnya, bisa berupa gambar atau video. Video biasanya dimasukkan dalam artikel tutorial, untuk artikel lainnya penambahan video adalah opsional. Pemilihan gambar pun harus sesuai dengan isi artikel. Dalam satu artikel bisa ditambahkan 1-3 gambar.

Agar penambahan gambar bisa berfungsi secara maksimal maka ada beberapa detail yang harus diperhatikan. Pastikan penamaan file gambar yang akan diunggah sesuai dengan keyword yang Anda gunakan. Alt Text pada gambar harus disesuaikan dengan keyword. Ukuran gambar harus di bawah 100 Kb.

Tidak boleh asal ambil gambar dan memasangnya. Jika ukuran gambar Anda terlalu besar, gambar harus di compress terlebih dahulu. Apabila gambar bukan milik Anda sendiri dan bukan dari situs gambar gratis maka harus disertakan sumbernya. Dengan mempelajari tips-tips menulis artikel SEO friendly maka akan lebih mempermudah penulis pemula untuk menghasilkan artikel yang berkualitas dan bagus.

Others