Tips dan Trik Jitu Cara Membuat Artikel Rewrite

Tips dan Trik Jitu Cara Membuat Artikel Rewrite

Bagi para blogger seperti allabouteeepc yang sedang bingung harus menulis tema apa, membuat artikel rewrite adalah salah satu jalan keluar. Kondisi bingung tentang tema merupakan situasi wajar dan sebagian besar penulis pernah merasakannya. Situasi ini disebut dengan writer’s block. Apakah menulis artikel rewrite semudah kedengarannya?

Menulis ulang artikel atau biasa dikenal dengan istilah rewrite bukanlah hal mudah, tapi juga tidak sesulit bayangan Anda. Harus diimbangi dengan skill dan ketelitian agar artikel rewrite tidak mejadi artikel copy paste. Berikut ini adalah tips dan trik jitu agar artikel rewrite menjadi artikel berkualitas dan bagus :

Cari Artikel Sebagai Sumber Referensi

Dalam proses rewrite, sumber artikel yang dijadikan sebagai referensi sangatlah penting. Minimal menggunakan 3 sumber. Penggunaan sumber lebih dari satu adalah untuk menghindari plagiasi dan agar Anda mendapatkan banyak informasi. Memilih sumber artikel tidak boleh asal, pilih artikel yang banyak dicari oleh pembaca.

Untuk mendapatkan hasil rewrite yang bagus dan berbeda maka harus membaca terlebih dahulu sumber-sumber terpilih. Tetapi realitanya sebelum menentukan 3 sumber, penulis akan membaca banyak sumber lain. Referensi yang dipilih harus memiliki perbedaan, sehingga penggalian informasi dari masing-masing artikel dapat saling melengkapi.

Menggunakan Gaya Bahasa yang Baru

Gaya bahasa yang dimiliki setiap penulis memiliki ciri khas yang berbeda. Untuk membuat artikel rewrite lebih baik menonjolkan gaya bahasa sendiri dan berbeda dengan artikel asli. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak beretele-tele. Pengubahan gaya bahasa juga ditujukan agar artikel lolos copywriting.

Bahasa komunikatif lebih disukai oleh pembaca. Sering terjadi penulis terbawa gaya bahasa artikel yang dijadikan sumber. Hal ini akan membuat artikel buatan Anda tidak memiliki sisi unik dan berbeda. Setelah selesai menulis pastikan bahwa gaya bahasa benar-benar berbeda.

Pemilihan Judul yang Tepat dan Menarik

Selain memiliki isi yang berbeda, buatlah judul berbeda pula dengan artikel sumber. Untuk memenangkan persaingan maka masukkan keyword yang sebelumnya sudah di riset ke dalam judul. Leburlah beberapa judul dari artikel sumber untuk dijadikan satu judul menarik. Jangan membuat artikel rewrite dengan judul sama seperti artikel sumber.

Simulasi pembuatan judul berikut ini akan membantu Anda. Artikel pertama berjudul “Kota Malang Memiliki Banyak Tempat Wisata Indah”, artikel kedua memiliki judul “Tempat Wisata Baru Banyak Bermunculan di Kota Malang”. Maka yang perlu Anda lakukan adalah membuat judul lebih bombastis. Buatlah judul 5 Tempat Hits Kota Malang Yang Sayang Untuk Dilewatkan.

Gunakan Sub Judul

Dalam menulis artikel baik menulis artikel sendiri ataupun artikel rewrite, biasakan untuk menggunakan sub judul. Pemberian sub judul membuat pembaca lebih nyaman dan tidak cepat bosan. Penggunaan sub judul ini kelihatan seperti hal sepele, tapi memiliki sisi positif yaitu artikel Anda menjadi SEO friendly.

Dari sub judul ini memudahkan pembaca mencari bagian yang dicari dan dianggap penting, sehingga penerimaan kesan oleh pembaca adalah artikel Anda tidak mebosankan. Satu hal penting yang harus diperhatikan, jangan memasukkan keyword dalam sub judul. Hal ini menyebabkan pengulangan keyword terlalu rapat sehingga akan dianggap spam oleh mesin pencari.

Artikel rewrite pun mempunyai kemampuan untuk berada di halaman pertama SERP. Butuh kerja keras dan kemauan yang kuat dari penulis, karena penulis harus belajar dari berbagai sumber terlebih dahulu. Setidaknya itulah tips dan trik untuk membuat artikel rewrite unik dan dapat menarik minat pembaca.

Others